Beranda | Artikel
Jadilah Orang yang Pemaaf - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 6 April 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Jadilah Orang yang Pemaaf

Salah satu akhlak yang harus dimiliki oleh seorang muslim adalah menjadi pribadi yang pemaaf. Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari kesalahan, maka masing-masing dari kita harus menjadi orang yang pemaaf. Memaafkan orang lain itu tidaklah merendahkan martabat dan harga diri seseorang, justru sifat pemaaf itu akan menjadikan dirinya lebih mulia.

Penuhi jiwa dengan kasih sayang dan ampunan, niscaya kamu akan mendapat kasih sayang dan amounan yang lebih utama yang diberikan oleh Allah kepadamu.

Abdullah bin Amru radhiyallahu ‘anhu pernah menuturkan bahwa:

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi seraya menanyakan: “Wahai Rasulullah, berapa kali kami harus memaafkan kesalahan pelayan kami?” Mendengar hal itu, beliau diam saja. Laki-laki itu mengulangi pertanyaannya, namun beliau tetap diam. Ketika pertanyaan diulangi untuk ketiga kalinya, barulah beliau menjawab:

اُعْفُوْا عَنْهُ فِي كُلِّ يَوْمٍ سَبْعيْنَ مَرَّةً

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat saling memaafkan ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Jadilah Orang yang Pemaaf

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/12719-jadilah-orang-yang-pemaaf-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/